Jumat, 02 Juli 2010

Hutan Tanaman Industri

Istilah Hutan Tanaman Industri mungkin belum banyak dikenal oleh masyarakat luas.hanya saja,keberadaan Hutan Tanaman Industri amat sangat menguntungkan bagi negara yang memiliki program tersebut.

Hutan Tanaman Industri adalah Usaha Hutan tanaman untuk meningkatkan potensi dan kualitas hutan produksi dengan menerapkan silvikultur sesuai dengan tapaknya ( satu atau lebih sistem silvikultur) dalam rangka memenuhi kebutuhan bahan baku industri hutan kayu maupun non kayu.

Hasil hutan tanaman industri berupa kayu bahan baku pulp dan kertas (jenis tanaman akasia) serta kayu pertukangan (meranti). di Indonesia mulai dikembangkan sejak tahun 1990-an di Sumatera Selatan dan Riau.

Tujuan Pembangunan HTI.

1. Meningkatkan Produktivitas hutan produksi,dalam rangka pemenuhan kebutuhan bahan baku industri perkayuan dan penyediaan lapangan usaha (pertumbuhan ekonomi/pro-growth),penyediaan lapangan kerja (pro-job),pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar hutan (pro-poor) dan perbaikan kualitas lingkungan hidup. (pro-environment)

2. Mendorong daya saing produksi industri perkayuan (penggergajian,kayu lapis,Pulp and paper,meubel dll) untuk kebutuhan dalam negri dan ekspor.


Flow Pembangunan HTI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar